Vaksin Wajib Sebelum Menikah

Pernikahan merupakan komitmen jangka panjang antara suami dan istri yang dilakukan dengan banyak pengorbanan. Bukan hanya dari segi financial, mental dan fisik calon mempelai juga harus dipersiapkan dengan baik agar jalinan pernikahan berjalan dengan baik nantinya. Kesehatan adalah hal paling penting untuk dapat menjalin hubungan dalam pernikahan, terlebih untuk calon anak yang akan lahir nantinya. Orang tua yang sehat, tentu akan melahirkan bayi yang sehat juga.

Vaksin Yang Harus Dilakukan Sebelum Pernikahan

Melakukan tes kesehatan dan vaksin sebelum pernikahan sangat penting untuk dilakukan, terlebih bagi seorang wanita yang akan menjadi ibu nantinya. Kesehatan ibu akan sangat berpengaruh pada kesehatan bayi, oleh karena itu sangat disarankan agar melakukan serangkaian tes kesehatan dan vaksin sebelum menikah. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada penyesalan setelah menikah dan agar kesehatan kedua mempelai terjamin. Berikut beberapa vaksin yang harus dilakukan sebelum melangsungkan pernikahan.

  1. Tetanus Toksoid (TT)

Pemerintah mewajibkan untuk wanita yang akan menikah untuk melakukan vaksin TT dengan tujuan agar terhindar dari penyakit tetanus bagi para calon ibu. Penyakit tetanus akan sangat membahayakan jika menyerang wanita yang sedang mengandung karena akan berbahaya pula untuk janin. Oleh karena itu, calon ibu harus memiliki imun yang baik terhadap penyakit tetanus agar kehamilan dapat berlangsung dengan sehat.

  1. Vaksin MMR

MMR merupakan singkatan dari Mups, Measles, dan Rubella. Vaksin ini diberikan kepada kedua mempelai agar jika mempelai wanita hamil, terhindar dari gondongan yang dapat memicu kemandulan ada pria maupun wanita dan rubella yang dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Bahaya tersebut dapat dihindari dengan melakukan vaksin MMR yang memiliki harga sekitar 200 ribu.

  1. Vaksin Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit berbahaya yang sangat mudah menular melalui berbagai macam media seperti pertukaran cairan tubuh, hubungan seksual dan transfusi darah. Pernikahan adalah hubungan yang akan mengikat dua orang antara pria dan wanita untuk hidup bersama sepanjang sisa hidup mereka. Agar terhindar dari penyakit Hepatitis B, maka kedua mempelai harus melakukan vaksin Hepatitis B sebelum menikah.