Upaya Keras Negara Indonesia Untuk Mendapatkan Saham Freeport

Mungkin hampir semua masyarakat tahu kalau salah satu tambang emas yang paling bisa menghasilkan emas berkualitas tinggi itu ada di Papua. Sayangnya tambang emas ini bukan menjadi hal miliki masyarakat Papua sendiri tetapi malah dikelola oleh perusahaan asing dan inilah yang membuat divestasi Freeport. Jelas ini sangat merugikan masyarakat asli Papua karena harusnya bisa kaya malah miskin karena tidak bisa menggali tambang di wilayah sendiri.

Manfaat PT. Freeport Bagi Indonesia

Sebenarnya PT. Freeport itu menjadi salah satu sumber penghasil uang terbesar bagi Indonesia jika bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Tetapi PT ini memang belum dapat dimanfaatkan dengan baik, karena saham dari PT ini belum dikuasai sepenuhnya oleh negara Indonesia jadi perlu dilakukan divestasi Freeport. Inilah yang menjadi kendala bagi negara untuk dapat memaksimalkan hasil dari PT tersebut. Selain menjadi sumber penghasil uang PT ini mempunyai manfaat yang lainnya dan berikut penjelasannya.

  • Merupakan Cadangan Emas Terbesar

PT Freeport adalah PT yang dipercaya untuk mengelola tambang Grasberg yang terletak di kabupaten Mimika, tambang ini adalah tambang emas yang diperkirakan emas yang terdapat di tambang tersebut adalah terbanyak di dunia. Selain emas juga ada kekayaan yang lainnya yaitu tembaga dan perak, semua kekayaan tersebut diperkirakan harganya mencapai 150 miliar dolar. Jadi dengan adanya PT ini negara Indonesia menjadi negara yang memiliki cadangan emas terbanyak.

  • Penyedia Lapangan Pekerjaan
  1. Freeport adalah salah satu PT terbesar di Papua, oleh sebab itu sangat membutuhkan banyak karyawan atau pekerja. Dengan saham dari PT ini sudah dimiliki Indonesia setengahnya maka Indonesia memiliki kuasa untuk menentukan siapa saja yang berhak bekerja di PT ini. Jelas ini sangat menguntungkan masyarakat pribumi khususnya masyarakat Papua, karena bisa bekerja pada PT ini.
  • Pemasok Pajak Terbesar

Pajak sudah merupakan sumber penghasilan negara dan Freeport merupakan pemasok pajak terbanyak di Indonesia. Hal ini dikarenakan Freeport merupakan PT yang paling sering melakukan ekspor dan pajak dari ekspor inilah yang menjadi acuan agar divestasi Freeport untuk segera dilakukan.