Tipe Soal Dalam Ujian Psikotes

Soal psikotes pasti akan Anda alami ketika Anda menginginkan kedudukan tertentu. Kedudukan tersebut bisa saja lapangan pekerjaan, promosi naik jabatan atau bahkan sekarang untuk masuk sekolah menengah favorit. Oleh karena itu Anda harus mulai sedikit familiar dengan soal-soal yang biasanya diujikan dalam ujian psikotes. Dalam sebuah ujian psikotes akan dibagai menjadi beberapa sub ujian, yang pada masing-masing sub ujian tersebut memiliki tujuan masing-masing.

Tes Logika Aritmatika

Pada tes logika aritmatika Anda akan dihadapkan pada beberapa deret angka, kemudian Anda akan diperintahkan untuk melanjutkan deret tersebut. Tujuan dari ujian ini adalah melihat kecenderungan seseorang dalam menghadapi masalah. Kecenderungan tersebut bisa terlihat dari pola jawaban yang Anda diberikan.

Tes Logika Penalaran

Jika pada tes logika aritmatika Anda dihadapkan pada beberapa deret angka, maka tidak jauh berbeda dengan tes logika penalaran. Pada tes logika penalaran ini Anda akan dihadapkan kepada beberapa gambar baik 2D ataupun 3D. Dari pola gambar tersebut Anda akan diminta untuk memprediksi gambar berikutnya. Tujuan tes logika penalaran hampir sama dengan tes logika aritmatika.

Tes Analog Verbal

Pada tes analog verbal Anda akan diminta untuk memahami antonim/sinonim/analog suatu kata. Untuk memprediksi jawaban tersebut Anda bisa melihat dari pola kata-kata yang diberikan dalam soal. Tujuan dari tes analog verbal adalah untuk melihat kemampuan menganalisis sebab akibat suatu keadaan.

Tes Kraepelin/Pauli

Soal psikotes kraepelin atau pauli ini adalah deretan angka yang disusun secara membujur. Dari deretan angka tersebut Anda diminta untuk menjumlahkan angka-angka yang berdekatan dan menuliskan jawaban di sebelahnya. Tujuan dari tes ini adalah untuk melihat konsistensi seseorang dan juga ketahanan terhadap tekanan. Pada tes ini Anda akan dibatasi dengan waktu sehingga ketahanan untuk bekerja di bawah tekanan bisa terlihat.

Wartegg Test

Pada wartegg test Anda akan diberi 8 kotak yang pada masing-masing kotak terdapat gambar berupa titik, garis atau grafik. Dari gambar tersebut Anda diminta untuk melanjutkannya. Tujuan tes ini adalah untuk menguji imajinasi dan daya intelektual. Untuk menghadapi tes ini silahkan kunjungi www.awambicara.id untuk tips lulus psikotes.