Tiga Nama Cawapres Jokowi di Pilpres Mendatang

Tahun depan sudah dijadwalkan untuk pemilihan presiden baru. Presiden sekarang yaitu Joko Widodo akan mencalonkan diri lagi pada Pilpres mendatang. Hal ini sudah menjadi hal biasa jika presiden akan mencalonkan diri untuk kedua kalinya. Pastinya, di periode kedua ini Bapak Presiden akan memilih salah satu calon pendampingnya kelak.

Mari Mengenal Tiga Cawapres Jokowi

Sekarang ini, Bapak Presiden Joko Widodo telah memberikan tiga nama yang akan menjadi calon pendampingnya kelak. Sekarang beliau sedang memastikan bahwa ketiga nama tersebut akan masuk dalam bursa calon pendamping presiden. Ingin tahu siapa saja ketiga nama tersebut? Mari kita mengenal sedikit lebih jauh mengenai cawapres-cawapres ini.

Mohammad Mahfud MD

Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U lahir pada tanggal 13 Mei 1957 di Sampang, Madura, Jawa Timur. Ia adalah hakim, akademisi, dan politisi berkebangsaan Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi pada periode 2008-2013. Sekarang ini Ia bekerja sebagai Hakim Konsultasi dan Akademisi.

Ia aktif mengajar mata kuliah Hukum Tata Negara, Politik Hukum, Negara Hukum dan Demokrasi di beberapa universitas ternama seperti UI, UNS, UGM, UII Yogyakarta, Unsoed, dan lebih 10 universitas lainnya yang memiliki program Pasca Sarjana S2 dan juga S3.

Ia mendapatkan gelar Doktor Ilmu Hukum Tata Negara di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Sedangkan, gelar Profesor Hukum Tata Negara, Ia dapatkan dari Universitas Islam Indonesia.

Zainul Majdi

Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, Lc., M.A. terkenal sebagai sebutan TGB atau Tuan Guru Bajang. Ia lahir pada tanggal 31 Mei 1972 di Pancor, Selong, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Ia pernah menjabat di posisi Gubernur Nusa Tenggara Barat selama 2 periode, pada masa jabatan 2008-2013. Sekarang, Ia bekerja sebagai politikus di salah satu partai politik, yaitu Partai Golkar sebagai Ketua Umum dan sekaligus menjabat sebagai Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto.

Ia mendapatkan gelar akademik S1. S2, dan S3 di tempat yang sama dengan jurusan yang sama yaitu di jurusan Tafsir & Ilmu-Ilmu Al Qur’an, Fakultas Usuluddin, Universitas Al-Azhar Cairo.

Muhamad Iskandar Muhaimin

Drs. H. Muhaimin Iskandar, M.Si biasa dikenal dengan panggilan Cak Min atau Gus Imin. Ia lahir pada tanggal 24 September 1966 di Jombang, Jawa Timur. Ia merupakan seorang politikus di Indonesia yang pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada periode 2009-2014. Ia menjadi politikus di salah satu partai politik yang ada di Indonesia yaitu PKB atau Partai Kebangkitan Bangsa sebagai Ketua Umum pada periode 2014-2019.

Ia mendapatkan gelar Sarjana di jurusan Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Sedangkan, Ia mendapatkan gelar Magister Komunikasi di Universitas Indonesia, Jakarta.

Itulah sekilas informasi latar belakang pendidikan ketiga cawapres yang akan maju di pilpres nantinya. Bapak Presiden akan memilih salah satu dari ketiga cawapres tersebut untuk mendampinginya di pilpres mendatang.