Simak Pengertian Desa Menurut Ahli Kependudukan

Setelah menyimak beberapa pengertian desa secara bahasa yang tercantum dalam kamus bahasa Indonesia. Kali ini Kita akan menyimak mengenai beberapa pengertian dari desa menurut para ahli yang berkecimpung di bidang kependudukan. Tentunya setiap ahli memiliki pengertian menurut pemahaman mereka masing-masing tentang sebuah desa. Dalam kaitannya dengan sesuatu yang ada di dalam desa itu sendiri.

Namun meski begitu secara keseluruhan tetap yang digunakan oleh masyarakat adalah pengertian dari desa yang ada dalam kamus besar bahasa Indonesia. Dengan demikian ada satu kesepakatan pengertian yang mana bisa Kita jadikan patokan dalam memahami pengertian sebuah desa tersebut.

Beberapa Pengertian Desa Menurut Pendapat Ahli Kependudukan

Selain menurut kamus besar bahasa Indonesia pengertian desa juga di atur dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 mengenai desa. Bahwa desa adalah sebuah kesatuan masyarakat yang memiliki kekuatan hukum dan memiliki batas daerah kewenangan untuk mengatur pemerintahan desa sesuai dengan kepentingan dan otonomi daerah desa mereka. Dan sekarang yuk Kita simak beberapa pendapat para ahli dalam kependudukan mengenai pengertian dari sebuah desa.

Pendapat yang pertama adalah dari Rifhi Siddiq. Menurut beliau desa adalah sebuah wilayah yang memiliki kepadatan warga yang mempunyai interaksi sosial yang bersifat sama. Biasanya mereka pun memiliki profesi atau pekerjaan yang hampir sama yaitu bergerak di bidang pertanian dan memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan wilayah di sekitar mereka.

Sedangkan menurut Sutarjo Kartohadikusumo desa adalah sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kekuatan hukum yang mana kelompok tersebut tinggal dalam sebuah wilayah tersendiri dan mampu mengadakan pemerintahan untuk mengatur wilayah tempat tinggal mereka tersebut.

Lalu pengertian yang terakhir adalah menurut Paul H Landis. Menurut beliau, desa adalah sebuah daerah yang mana memiliki hubungan interaksi sosial dengan adanya tanda interaksi derajat sosial yang cukup tinggi. Namun menurutnya lagi jumlah penduduknya tak kurang tak lebih hanya sekitar 2500 penduduk saja. Demikian ulasan singkat mengenai pengertian desa dari beberapa ahli yang mumpuni dalam bidang kependudukan. Tentunya masih banyak pendapat para ahli kependudukan yang lainnya namun menurut Kami dari 3 pendapat tersebut sudah memberikan gambaran tentang desa dalam pandangan para ahli.