Seragam Kantor vs Seragam Kerja

Baju seragam karyawan khususnya baju seragam kantor tiap perusahaan memiliki haknya masing-masing apakah akan mewajibkan pegawainya memakai seragam atau tidak. Karena walaupun tidak memakai seragam pun biasanya sudah ada ketetapan dalam peraturan perusahaan bahwa karyawan wajib memakai pakaian rapi dengan kriteria-kriteria tertentu.

Perbedaan Seragam Kantor Dengan Seragam Kerja

Seragam kerja dengan seragam kantor jelas memiliki perbedaan yang cukup signifikan apabila dilihat dari segi jenis bidang kerjanya. Meskipun sama-sama sebagai baju seragam untuk melakukan aktivitas kerja, namun ada beberapa perbedaan yang terlihat sangat jelas.

  1. Seragam Kantor.

Biasanya dibuat berpusat untuk orang yang melakukan aktivitas kerja di dalam ruangan. Karena tujuannya adalah untuk karyawan kantor tentu yang memakainya adalah pegawai yang bekerja duduk di balik meja dengan perangkat kerja berupa komputer dan alat tulis.

Baju seragam kantor dibuat dengan desain yang lebih formal dan elegan dalam balutan blazer untuk wanita dan jas untuk pria. Namun kebanyakan perusahaan tidak menekankan penggunaan jas untuk karyawan laki-laki. Mereka hanya di wajibkan memakai seragam dalam desain kemeja. Ini tentu berlaku untuk perusahaan yang memang menekankan penampilan sebagai faktor utama pelayanan terhadap klien, misalkan perusahaan asuransi, perusahaan perbankan, atau perusahaan ekspor impor.

  1. Seragam Kerja.

Mencakup jenis bidang kerja yang lebih luas dan berbeda-beda sesuai dengan aktivitas bisnis yang dijalankan. Misalkan bidang restoran, bidang penjualan seperti toko atau outlet, bidang jasa travel dan transportasi, manufaktur atau pabrik, serta bidang lapangan seperti bandara, bangunan, dan pertambangan.

Desain baju seragamnya pun dibuat disesuaikan dengan divisi masing-masing bagian yang dipangku oleh masing-masing pegawai. Ini berkaitan dengan kebijakan perusahaan itu sendiri. Apabila perusahaan tersebut membuat perbedaan seragam antara divisi kantor dengan divisi produksi, tentu jenis pakaiannya pun berbeda satu sama lain meskipun dalam satu perusahaan.

Apa pun bentuk dan jenis baju seragam kantor maupun baju seragam kerja, semua memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan bidang kerja yang dijalankan oleh perusahaan masing-masing. Hanya satu yang menjadi persamaan, yaitu desain dan kualitas yang bagus dari sebuah baju seragam yang dipakai oleh karyawannya akan menentukan bonafitas dari perusahaan itu sendiri.