Resep Labu Kuning Untuk Bayi 6 Bulan Keatas

Labu kuning atau yang sering disebut dengan kabocha adalah salah satu jenis sayuran yang dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat makanan pendamping ASI atau MPASI. Setelah bayi Anda berusia 6 bulan ke atas, Anda dapat mengkreasikan aneka resep labu kuning mpasi sehingga anak Anda senantiasa memperoleh makanan yang bergizi.

Manfaat Labu Kuning Untuk Bayi

Selain rasanya yang enak dan sedikit manis, labu kuning juga memiliki beberapa manfaat yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi Anda. beberapa manfaat tersebut antara lain labu kuning mengandung Vitamin A, C dan juga beta karoten yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan juga membuat tubuh menjadi sehat. Labu kuning juga mengandung serat yang sangat penting bagi pencernaan.

Untuk bayi berusia 6 bulan dan baru saja diperkenalkan makanan padat, sebaiknya Anda memberikan resep labu kuning mpasi dengan cara dikukus lalu dihaluskan agar bayi dapat dengan mudah mengunyahnya. Adapun resep labu kuning sebagai menu awal bayi mengenal MPASI adalah pure labu kuning.

  • Bahan
  1. 0,5 ons labu kuning
  2. ASI perah atau sufor secukupnya
  • Cara membuat
  1. Cuci kulit labu kuning hingga bersih
  2. Ambil bagian dagingnya
  3. Kukus hingga empuk
  4. Haluskan dengan menggunakan sendok atau chopper
  5. Beri asi perah atau sufor yang telah diencerkan secukupnya.

Ketika pertama kali Anda memperkenalkan labu kuning pada bayi Anda dengan resep tersebut, maka sebaiknya Anda memberikannya dengan menu tunggal. Yang dimaksud menu tunggal disini adalah hanya memberikan labu kuning saja. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui apakah bayi Anda mengalami reaksi alergi seperti muncul ruam merah atau sembelit. Jika bayi Anda mengalami hal tersebut, maka sebaiknya hentikan dahulu pemberian labu kuning.

Labu kuning yang mengandung serat yang tinggi memang cocok diberikan kepada anak dari usia bayi. Namun pemberiannya juga harus diperhatikan, sebab kandungan serat yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan sembelit. Hal ini bergantung pada kondisi pencernaan masing-masing bayi. Resep labu kuning mpasi dapat Anda berikan kembali setelah beberapa waktu kemudian setelah pencernaan si bayi kembali normal.