Resep Dan Manfaat Labu Kuning Mpasi Untuk Bayi

Makanan pendamping ASI atau lebih dikenal dengan istilah Mpasi merupakan makanan tambahan yang diberikan kepada bayi saat usianya sudah mencapai 6 bulan. Ya, pada usia ini, bayi memang sangat membutuhkan nutrisi tambahan, sehingga bayi membutuhkan makanan pendamping yang akan mendukung tumbuh kembangnya. Salah satu jenis Mpasi yaitu labu kuning. Ya, resep labu kuning mpasi memang telah dikenal sejak dahulu. Labu kuning banyak dipilih sebagai makanan pendamping bayi karena bahan ini mengandung banyak sekali nutrisi. Lalu, apa saja manfaat nutrisi yang terkandung dalam labu kuning dan bagaimana cara mengolahnya menjadi mpasi?

Aneka Kandungan Nutrisi Labu Kuning Dan Cara Mengolahnya Menjadi Resep Mpasi

Berikut ini adalah beberapa jenis nutrisi yang terkandung di dalam labu kuning:

  • Betakaroten dan vitamin A

Betakaroten merupakan sebuah pigmen pada tanaman yang menyebabkan warna orange atau kuning. Saat dicerna oleh tubuh, maka betakaroten akan diolah menjadi vitamin A yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi. Beberapa fungsi dari nutrisi ini adalah meningkatkan kesehatan kulit dan mata, serta meningkatkan kekebalan pada tubuh.

  • Zat besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan darah. Oleh sebab itu, olahan resep labu kuning mpasi sangat baik untuk si kecil.

  • Vitamin C

Labu kuning merupakan jenis sayur yang sangat kaya akan vitamin C. Seperti yang kita tahu, bahwa vitamin C memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan pendamping si kecil.

Berikut adalah resep untuk membuat labu kuning mpasi:

  1. Cuci sayur bayam, lalu dipotong kecil-kecil.
  2. Potong tahu putih hingga berukuran kecil.
  3. Cuci labu kuning, lalu dipotong kecil-kecil.
  4. Rebus labu kuning dan bayam dengan air kaldu hingga empuk.
  5. Tambahkan tahu putih.
  6. Semua bahan ditiriskan dan diblender sampai halus.
  7. Mpasi labu kuning siap disajikan untuk si kecil.

Demikian resep labu kuning mpasi. Meskipun pengolahannya sangat sederhana, namun si kecil akan mendapatkan manfaat nutrisi labu kuning yang sangat luar biasa. Dengan cara sederhana tersebut, maka kini Ibu tidak perlu bingung lagi untuk menyajikan makanan pendamping si kecil.