Pilih Paving Block SNI

Paving block merupakan salah satu bahan bangunan yang berfungsi sebagai penutup tanah agar permukaan tanah menjadi lebih keras. Paving block biasanya dipasang di halaman-halaman rumah, gedung atau tempat umum. Tanah yang ditutup dengan paving block akan terlihat lebih rapi. Jenis dan harga paving block sangat beragam. Namun, pada umumnya semua jenis paving block terbuat dari campuran bahan semen, abu batu, air dan agregat.

Jenis-jenis dan model paving block saat ini cukup beragam. Terlepas dari semua jenis tersebut, ternyata terdapat paving block SNI. Label SNI pada sebuah produk menunjukkan bahwa produk tersebut sudah terstandar dan lolos uji di Indonesia. Untuk itu, Anda lebih baik memilih jenis paving block yang sudah terstandar SNI. Untuk itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis paving block berstandar SNI.

Jenis-Jenis Paving Blok SNI

Berikut adalah jenis-jenis paving block yang terstandar SNI:

  1. Paving block pres tangan

Paving block pres tangan merupakan paving yang dicetak dengan tangan manusia secara manual. Namun, mutu dari paving ini sudah terstandar SNI. Paving block pres tangan sering digunakan di halaman, taman dan trotoar. Paving jenis ini juga termasuk paving yang paling banyak digunakan masyarakat. Karena harga paving block pres tangan lebih murah dibandingkan dengan paving block jenis lainnya.

  1. Paving block pres mesin vibrasi

Sesuai dengan namanya, paving block jenis ini diproduksi menggunakan mesin. Proses produksi paving ini dengan menggunakan mesin pres getar. Paving jenis ini jarang dilirik konsumen karena harganya yang tidak terlalu jauh berbeda dengan jenis paving block yang lebih bagus.

  1. Paving block pres mesin hidrolik

Paving block pres mesin hidrolik sebenarnya hampir sama dengan paving block pres mesin vibrasi. Hanya saja, paving ini dipres dengan mesin pres hidrolik yang sangat kuat sehingga kualitasnya juga dapat dikatakan paling baik dibandingkan dengan jenis lainnya. Untuk itu, paving ini cocok digunakan didaerah-daerah terminal dan pelabuhan yang banyak dilalui kendaraan besar. Harga paving block jenis ini juga cukup terjangkau.