Persyaratan Hewan Kurban Untuk Aqiqah Menurut Islam

Aqiqah merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam ketika seorang anak lahir. Sebagian ulama berpendapat bahwa aqiqah dilakukan untuk penebusan jiwa anak yang baru lahir. Dengan melakukan aqiqah, anak akan terhindar dari jin yang membelenggunya ketika lahir. Aqiqah dilakukan dengan mengorbankan kambing atau domba, harga kambing untuk aqiqah sendiri sangat bervariatif. Ada banyak tempat yang menjual hewan kurban untuk aqiqah dengan tawaran harga yang beragam.

Syarat Hewan Kurban Untuk Aqiqah

Masyarakat Indonesia biasa menggunakan kambing sebagai hewan kurban untuk aqiqah bayi yang baru lahir. Aqiqah biasanya dilakukan pada hari ketujuh sejak kelahiran sang bayi, seperti apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Pada aqiqah tersebut, akan dilakukan pencukuran rambut bayi sekaligus pemberian nama pada bayi. Harga kambing untuk aqiqah sangat beragam tergantung dari besar kecilnya kambing yang dipilih. Untuk keperluan ibadah, sangat dianjurkan untuk memilih kambing yang besar dan gemuk seperti yang telah dianjurkan oleh ajaran Islam.

Umur

Pemilihan hewan kurban untuk ibadah kurban saat Idul Adha maupun aqiqah bayi memiliki beberapa ketentuan. Salah satunya adalah umur hewan kurban yang akan disembelih. Untuk ibadah aqiqah sendiri, banyak ulama yang menyarankan untuk memilih kambing yang berumur enam bulan hingga satu tahun. Sebagian ulama juga memperbolehkan untuk memilih kambing yang berusia lebih dari satu tahun, namun tidak dianjurkan memilih kambing yang terlalu tua.

Kondisi fisik baik

Periksa kondisi fisik kambing sebelum akan membeli dan menyembelihnya untuk aqiqah bayi. Perhatikan bagian tubuh seperti mata, ekor, badan. Pastikan mata kambing tidak buta sebelah, ekor yang tidak terpotong, dan badan yang sehat serta gemuk.

Tidak cacat

Hewan yang cacat dan sakit tidak boleh digunakan untuk melakukan ibadah kurban ataupun aqiqah. Hewan untuk aqiqah haruslah hewan terbaik yang tidak memiliki cacat sama sekali. Harga kambing untuk aqiqah memang terbilang mahal karena kondisi fisik dan kesehatan kambing memang sangat terjaga. Namun, kita tetap harus memeriksa gigi, ekor, mata, badan, dan kondisi fisik secara menyeluruh agar kita memilih hewan yang tepat untuk dikorbankan.