Pentingnya Melakukan Pengecekan Status Kampus Pada Forlap Dikti

Salah satu fasilitas yang diberikan oleh Kemenristek Dikti adalah Forlap Dikti yang merupakan laman yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan dan pengamatan mengenai informasi data mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi. Hal ini tentunya ada kaitannya erat dengan beberapa kasus penutupan perguruan tinggi dimana masih ada mahasiswa yang belum kelar menyelesaikan studi mereka. Hal ini tentu saja menjadi perhatian yang sangat penting untuk calon mahasiswa supaya cermat dan pandai ketika memilih perguruan tinggi.

Mengapa Perlu Cek Status Kampus Di Forlap Dikti?

Semua informasi mencakup data perguruan tinggi tercatat rapi di dalam forum laporan ini. Begitu pun dengan daftar dari perguruan tinggi yang ditutup. Seluruh masyarakat bisa mengakses ini dengan bebas, sehingga bisa lebih selektif dalam memilihkan institusi pendidikan. Karena pasalnya di beberapa tahun silam terdapat beberapa kampus yang kemudian dibekukan dan mendapatkan binaan dari pemerintah. Dan penutupan perguruan tinggi ini tercatat cukup banyak. Dari sejumlah kampus yang bermasalah, ada yang kemudian diaktifkan kembali, dilakukan pembinaan, da nada pula yang ditutup.

Ada beberapa alasan mengapa Kemenristek menutup beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan menginformasikannya pada Forlap Dikti yang bisa diakses siapa pun. Ditutupnya perguruan tinggi ini salah satunya disebabkan karena minimnya mahasiswa yang menjalankan studi di kampus tersebut, sedangkan kampus tersebut sudah memiliki legalitas dari Kemenristek. Selain itu juga ada juga kampus yang sengaja ditutup karena mempunyai terlalu banyak cabang. Dengan demikian, maka cabang kampus ditutup dan difokuskan pada kampus pusat saja. Sementara mahasiswa dari kampus cabang akan dipindahkan pada kampus utama.

Untuk itu, melakukan pengecekan terhadap perguruan tinggi yang akan dimasuki sangatlah penting untuk diperhatikan. Apakah perguruan tinggi tersebut memiliki status yang resmi ataupun tidak dari Kemenristek Dikti. Caranya sangatlah mudah, yakni dengan masuk pada laman resmi dari Forum Laporan Dikti. Dengan demikian maka calon mahasiswa akan segera mengetahui mengenai status perguruan tinggi tersebut, aktif ataupun tidak.

Karena dengan demikian maka calon mahasiswa akan terbebas dari masalah jeratan perguruan tinggi yang dibelenggu. Karena apabila salah memilih dan terjebak pada perguruan tinggi yang salah, maka konsekuensinya cukup berat, yakni dengan mengulang studi dari awal di perguruan tinggi yang lainnya. Ijazah dari mahasiswa tersebut akan ditahan pemerintah dan tidak bisa diterbitkan. Untuk itu, segeralah melakukan pengecekan status perguruan tinggi pada laman Forlap Dikti yang bisa diakses melalui internet.