Pembalap Indonesia Memenangkan Balap Sepeda BMX di Banyuwangi

Balap sepeda merupakan salah satu cabang olahraga bersepeda. Tak sedikit orang yang tertarik dengan lomba balap sepeda BMX. BMX sendiri merupakan singkatan dari Bicycle Moto Cross. Bahkan, beberapa kota di Indonesia sudah memiliki akademi BMX yang resmi. Belum lama ini, pada tanggal 14-15 Juli, diadakan lomba BMX yang diselenggarakan di Banyuwangi, Jawa Timur.

Siapa Saja Pembalap Indonesia yang Menang?

Dalam event Banyuwangi International BMX Competition, ada dua pembalap Indonesia yang menang dari lawan-lawan nasional maupun internasional. Bahkan, mereka juga merupakan muda-mudi yang masih baru dan berjuang dalam kompetisi balapan ini. Inilah kedua pembalap yang menang:

Wiji, dari Kelas Junior Wanita

Wiji Lestari atau yang bisa dipanggil Wiji yang berasal dari Blitar, Jawa Timur, merupakan pemenang putri dari Kelas Junior Wanita. Di hari pertama Wiji bertanding, Ia berhasil menempati posisi dan tercepat pertama, begitu pula di hari keduanya. Wiji tampil memukau setiap orang yang menyaksikannya sepanjang babak klasifikasi hingga babak final race di hari kedua.

Pembalap wanita ini dapat mengungguli dua pembalap asal Malaysia, Siti Natasha Basri dan tim Selangor dan Shahirah Hashim dari Terengganu.

Keberhasilan pembalap wanita mengangkat semangat dan optimism tim nasional Indonesia.

Bagus dari Kelas Elite Men

I Gusti Bagus Saputra atau yang dipanggil dengan Bagus yang berasal dari Nusa Tenggara Barat, yaitu pembalap pria yang memenangkan Kelas Elite Men. Bagus dapat mengungguli pembalap asal ISSI Kendal, M. Khabibur Rohman, dan asal Australia, Kyle Green.

Pada saat pertandingan final Kelas Elite Men, pertandingan ini diwarnai dengan crash antara dua pembalap tim dari Indonesia, yakni Rio Akbar dan Toni Syarifuddin yang terjadi di tanjakan pertama. Walaupun sempat terjatuh, kedua pembalap tersebut berhasil melewati sejumlah pembalap internasional. Toni berhasil menempati peringkat keempat sedangkan Rio menempati peringkat ketujuh.

Mereka Dipersiapkan untuk Lomba Asian Games Mendatang

Para pembalap Indonesia yang bersaing dalam Banyuwangi International BMX Competition ini akan memperebutkan posisi untuk bertanding melawan tim dari berbagai macam negara Asia di Asian Games mendatang.

Seperti yang kita ketahui, Asian Games akan diselenggarakan pada bulan Agustus-September nanti. Para pelatih balapan BMX ini mengambil kesempatan lomba di Banyuwangi untuk memilih dua tiket untuk pembalap nasional yang memiliki potensi untuk menang di Asian Games nanti.

Tidak hanya dilihat dari kecepatannya bermain saja, pelatihnya juga melihatnya dari pembalap yang dapat beradaptasi dengan sirkuit di Asian Games nanti. Meskipun para pemenang masih belum memiliki jam terbang yang tinggi, para pelatih akan melatih pemenang dari kompetisi internasional ini. Mereka memiliki kesempatan untuk memenangkan medali emas dari balapan BMX di ajang bergengsi Asian Games nanti.