Mengubah Rongsok menjadi Pundi – Pundi Rupiah

Jika mendengar kata rongsokan pasti akan terbayang hal bekas yang sudah tidak dapat dipakai lagi. Asumsinya orang yang berhubungan dengan rongsokan merupakan orang yang tidak mampu. Anggapan terhadap pemulung misalnya. Pemulung merupakan orang yang bekerja mencari barang bekas yang dapat dijual kembali.

Cara Bisnis Rongsok yang Menguntungkan

Walaupun asumsi terhadap tukang rongsok merupakan orang yang tidak mampu, tetapi sesungguhnya dibalik usaha rongsok pun dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Hal tersebut bisa terjadi jika memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mengembangkan usaha rongsok yang tepat. Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk Anda yang ingin membuka usaha menjadi pengepul rongsok.

  1. Menentukan Lokasi Penampungan yang Tepat

Pilihlah lokasi penampungan yang mudah diakses oleh mobil pengangkut. Jika di lingkungan rumah dapat menampung barang – barang bekas yang dikumpulkan maka tak perlu untuk menyewa tempat lagi. Namun, pastikan bahwa lokasi rumah memang mudah dijangkau.

  1. Perhatikan Kualitas Barang yang dikepul

Jika bisnis barang bekas yang sedang dijalankan adalah menjual barang layak pakai seperti pakaian, aksesoris, sepatu, tas dan lainnya, pastikan bahwa penampilan barang tersebut masih baik. Selain menjual barang layak pakai, bisnis rongsok yang paling banyak dilakukan seperti mengepul kertas bekas, buku, kardus serta barang – barang plastik.

Jenis Barang yang dapat dijadikan Usaha Rongsokan

Barang – barang rongsok terbagi menjadi beberapa jenis. jenis barang tersebut terbagi menjadi dua yaitu rongsok jenis botol plastik, besi tua, kaleng serta rongsokan dalam bidang fashion, dan elektronik. Untuk jenis barang plastik barang bekas tersebut akan di daur ulang menjadi produk plastik lain yang dapat digunakan lagi. Sedangkan, bisnis rongsok dalam bidang fashion dan elektronik biasanya berupa barang bekas yang masih layak pakai untuk fashion dan spare part yang bisa digunakan lagi untuk barang elektronik.

Kedua jenis barang rongsok ini sama – sama memiliki industri sasaran yang berbeda. Pilih dan Jalankan usaha rongsok Anda sesuai dengan apa yang Anda telah niatkan sebelumnya.