Mengenal Penyakit Flek Pada Balita

Penyakit flek mungkin adalah salah satu jenis penyakit yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Yah, penyakit ini identik terjadi pada balita ataupun anak di bawah umur. Orang awam sering kali salah paham dan menganggap bahwa penyakit ini adalah penyakit karena setan atau sering disebut sawan. Padahal, flek adalah penyakit TBC yang menyerang pada anak. Bagaimana bisa anak terkena TBC?

Apakah Penyakit Flek Berbahaya?

Bakteri penyebab TBC adalah Mycobacterium turberculosis. Balita yang terkena flek biasanya tertular dari orang dewasa yang menderita TBC. Penyakit ini pada umumnya menyerang balita yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat rendah. Untuk itu, para orang tua harus wajib memberikan imunisasi BCG sebagai upaya pencegahan penyakit TBC.

Perlu Anda ketahui, penyakit TBC atau flek yang menyerang pada anak lebih berbahaya dibandingkan dengan TBC yang menyerang orang dewasa. Hal ini disebabkan kekebalan tubuh anak yang masih sangat minim sehingga bakteri TBC bisa saja menyerang ke seluruh bagian tubuh seperti hati, selaput otak, dan lain sebagainya. Untuk itu, bagi para orang tua yang anaknya didiagnosa terkena flek, harus segera menjalani pengobatan rutin.

Gejala Anak Menderita Penyakit Flek

Gejala awal yang menandakan seorang anak terkena flek yaitu:

  • Demam tinggi

Demam tinggi selama 3 bulan berturut-turut adalah salah satu gejala awal yang menandakan seorang anak terkena flek. Walaupun sudah diberikan obat penurun panas, biasanya demam tinggi akan muncul lagi beberapa hari kemudian.

  • Berat badan tidak naik

Ini adalah gejala yang paling signifikan terlihat. Balita adalah masa dimana anak sedang gencar-gencarnya mengalami pertumbuhan. Sehingga, berat badan naik setiap bulan adalah hal yang wajib. Jika anak tidak mengalami kenaikan berat badan, justru berat badannya menurut, Anda harus segera mengonsultasikan ke dokter. Karena bisa jadi anak terkena flek.

  • Diare kronik

Diare yang terus menerus dan tidak bisa disembuhkan dengan obat biasa dapat mengindikasikan bahwa anak terkena flek. Jadi, segera periksakan ke dokter, khususnya dokter anak.