Membaca Ukuran Mikrometer Sekrup dengan Mudah

Bagi yang masih berada di bangku sekolah, membaca mikrometer sekrup merupakan salah satu hal penting yang harus dipahami. Walaupun tampaknya mudah, namun mikrometer sekrup adalah salah satu alat ukur yang cukup sulit dipahami jika Anda tidak lihai membaca hasil pengukuran menggunakan mikrometer sekrup. Pengukuran menggunakan mikrometer sekrup biasanya dilakukan pada barang-barang kecil dan biasa dilakukan sebagai bentuk praktikum laboratorium untuk sekolah. Nah, cara membaca mikrometer sekrup merupakan salah satu hal penting yang harus Anda pahami jika ingin menguasai pengukuran menggunakan alat ini. Tapi bagaimana ya caranya? Yuk, simak ulasannya pada artikel ini sehingga Anda memahami cara cepat membaca dan mengukur hasil dari mikrometer sekrup.

Tips Berlatih Membaca Mikrometer Sekrup

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar pembacaan mikrometer sekrup yang Anda lakukan. Dalam hal ini, membaca mikrometer sekrup bukan hal yang sulit, namun bukan juga hal yang mudah. Diperlukan ketelitian dan ketajaman mata untuk mengetahui cara membaca mikrometer sekrup. Nah, ini dia tiga langkah mudah membaca hasil pengukurannya.

  1. Perhatikan angka yang ditunjukkan pada skala utama. Cara membedakannya adalah skala utama terletak pada batang yang panjang dengan angka-angka yang ditentukan. Nah, pembacaan ini bisa Anda lakukan dengan mudah karena angkanya besar,
  2. Kemudian, lihatlah angka yang ditunjukkan pada skala nonius di alat ukur tersebut. Skala nonius dapat dilihat pada bagian ukur yang berputar pada mikrometer. Mudah sekali, lho membacanya, tinggal Anda lihat saja sampai ukuran mana angkanya.
  3. Jika sudah maka kini saatnya melihat garis yang menyambung antara skala nonius dan skala utama. Pengukuran alat dilakukan dengan seksama dan tentunya secara hati-hati agar tidak menjadikan salah baca pada hal tersebut. Nah, dengan demikian, maka Anda pun sudah berhasil membaca hasil pengukurannya!

Bagaimana, ternyata cara membaca mikrometer sekrup sangat mudah, ya! Banyak sekali yang bisa Anda lakukan jika Anda bisa membaca mikrometer sekrup. Salah satunya tentu saja dengan mendapatkan nilai baik Idi praktikum pelajaran Fisika!