Memahami Arti Dari Seni Rupa

Seni Rupa merupakan salah satu cabang seni dengan fungsi untuk membentuk sebuah karya seni yang menggunakan media yang dapat ditangkap mata. Tidak hanya itu saja, seni rupa ini juga  bisa dirasakan dengan menggunakan rabaan. Arit dari seni rupa bisa juga bermakna sebagai hasil akan ciptaan, keindahan, ataupun semua hal yang bisa melebihi keasliannya. Selain itu seni rupa juga bermakna klasifikasi objek-objek pada kriteria yang diciptakan pada suatu struktur supaya dapat dinikmati dengan memakai indera peraba dan indera mata.

Unsur-Unsur Yang Terkandung Pada Seni Rupa

Ada beberapa unsur-unsur dari seni rupa ini, pada umumnya seni rupa ini dibangun dengan unsur-unsur yang dapat saling membentuk. Unsur tersebut membentuk kesatuan yang padu sehingga bisa dinikmati secara benar-benar utuh. Berbagai unsur-unsur pada seni rupa adalah unsur yang dipakai dalam mewujudkan suatu karya seni jenis seni rupa. Berikut ini dua unsur utama yang terdapat pada seni rupa.

  1. Titik

Titik merupakan unsur dari seni rupa paling dasar, unsur ini melahirkan wujud gagasan atau ide-ide yang melahirkan suatu garis, bidang dan bentuk. Teknik lukisan dengan kombinasi berbagai variasi warna dan ukuran titik dikenal sebutan Pointilisme.

  1. Garis

Garis merupakan unsur dari seni rupa yang sebagai hasil penggabungan unsur seni rupa yang pertama yaitu titik. Berdasar jenisnya, garis bisa dibedakan menjadi lurus, lengkung, panjang, horizontal, vertikal, pendek, berombak, diagonal, siral, patah-patah, dan putus-putus. Berbagai macam bentuk garis tadi bisa menimbulkan kesan-kesan yang berbeda seperti garis jenis lurus yang  berkesan keras dan tegak. Lalu garis jenis patah-patah yang terkesan kaku, jenis garis lengkung yang berkesan lentur dan lembut.

Untuk garis spiral bisa berkesan lentur juga. Disamping itu, unsur garis bisa juga memberi kesan watak. Seperti garis tegak bisa melambangkan kestabilan dan keagungan atau garis halus yang melengkung-melengkung mengesankan kelembutan seorang wanita. Garis miring bisa melambangkan kegoncangan, tidak stabil atau suatu gerakan dan garis tegas yang terpatah-patah dan kuat melambangkan suatu kekuasaan. Semoga artikel www.satujua.com kali ini bisa bermanfaat.