Lovebird, Si Pemilih Makanan

Jika Anda pecinta burung kicau, sudah tentu mengenal jenis burung lovebird. Burung ini termasuk pada jenis burung yang memiliki suara merdu.  Namun, burung ini memiliki perawatan yang khusus mulai dari makanan burung, kandang burung dan perawatan lainnya harus diperhatikan.

Pilihlah Bahan Berkualitas

Karena paruhnya yang kuat, jenis burung ini mampu membobol kayu. Kebiasaannya menggigiti kandang mengharuskannya berada di sangkar berbahan besi. Jenis burung ini memang dikenal sebagai burung dengan segudang kemauan. Jadi, untuk merawatnya diperlukan perlakuan khusus.

Namun, kali ini penulis hanya akan membahas makanan burung lovebird yang bisa Anda berikan yaitu:

  • Jagung manis

Jagung manis dikenal sebagai makanannya para burung kicau. Untuk mendapatkannya pun mudah, Anda bisa menjumpainya di tukang sayur atau pasar. Burung lovebird pun menjadi salah satu penggemar setia jagung manis.

Penyajiannya cukup direbus terlebih dahulu, lalu baru diberikan. tujuan perebusan adalah untuk memudahkan burung memakan jagung, juga untuk pencernaan burung yang mudah.

  • Apel merah

Tidak hanya jagung, burung ini juga memiliki selera terhadap buah-buahan. Buah apel merah sangat banyak manfaatnya dan juga kandungannya. Burung lovebird juga termasuk salah satu penggemar buah ini. sebelum diberikan, buah harus dicuci bersih bebas dari pestisida.

  • Oats

Biji oats mengandung karbohidrat yang banyak dan juga bagus untuk pertumbuhan bulu burung. Dengan pemberian secara teratur, biji oats mampu membuat burung lovebird menjadi lebih sehat, lincah dan aktif.

  • Biji kenari

Biji kenari memang terkenal untuk burung kenari, namun kini burung kicau lainnya seperti lovebird pun bisa mendapatkannya. Dengan pakan ini, burung diharapkan akan memiliki kelincahan dan kemerduan burung kenari.

Nah, makanan di atas bisa Anda cobakan pada burung Anda. Lakukan pemberian makanan secara teratur dan jangan berlebihan. Amati perubahannya dengan seksama. Buatlah variasi makanan secara berkala.

Makanan yang diberikan memang berpengaruh pada kualitas burung. Apa yang akan masuk pada burung, membuat tingkah laku burung menjadi lebih agresif, lincah dan berenergi ataupun sebaliknya. Dengan makanan yang cocok, burung tersebut menjadi berkualitas. Lebih lanjutnya Anda bisa berselancar di hewanpeliharaan.org.