Langkah Untuk Menurunkan Demam Tinggi Pada Bayi

Demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh diatas batas normal dan biasanya menyebabkan tubuh menjadi menggigil. Hal tersebut tentu saja tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena bisa mengakibatkah hal yang lebih parah lagi, yakni kejang. Untuk itu, perlu mengetahui cara dan tips yang bisa digunakan untuk mengobati demam tubuh. Karena pada dasarnya, demam ini bukanlah suatu penyakit, tetapi kondisi tubuh yang sedang tidak stabil.

Tips Menangani Bayi Saat Demam

Demam bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi hingga lansia. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui tips menangani demam tubuh, terutama dalam mengatasi demam pada bayi. Karena bayi ini sangat rentan terhadap segala sesuatu yang menyerang tubuh. Setiap orang tua juga perlu mengetahui gejala demam yang terjadi pada bayi. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengobati demam tinggi pada bayi.

  • Perbanyak Cairan

Cara paling mudah untuk mengatasi demam pada bayi adalah dengan memberikan banyak cairan kepada bayi. Karena dengan demikian maka bisa membantu mencegah terjadinya dehidrasi pada bayi. Misalkan adalah dengan memberikan sari buah, air putih, atau bisa juga makanan yang bentuknya cair. Dan catatan untuk bayi yang berusia di bawah satu bulan, maka usahakan untuk memberikan ASI yang cukup.

  • Pakaikan Pakaian Tipis

Kesalahan yang sering terjadi ketika bayi sedang panas tinggi adalah memakaikan selimut tebal dan baju hangat. Hal ini sebaiknya dihindari, karena bisa menyebabkan overheating atau suhu panas yang terlalu tinggi. Untuk itu maka pakaikanlah pakaian yang tipis dan berbahan halus sehingga bayi akan lebih mudah bergerak. Selain itu, pakaian tipis ini bisa membantu untuk mencegah terjadinya kejang karena overheating.

  • Kompres Air hangat

Kompreslah anak dengan air hangat bersuhu 30 sampai dengan 32 derajat celcius. Dengan mengompres menggunakan air hangat maka suhu panas akan terserap. Jangan sekali-kali mengompres dengan air dingin, karena mampu memicu terjadinya pembuluh darah yang semakin sempit. Hal ini justru akan menyebabkan suhu panas terperangkap di bagian tubuh yang jauh lebih dalam. Begitu pun dengan alkohol, jangan mengompres menggunakan alkohol, karena bisa menyebabkan keracunan. Karena alkohol tersebut bisa menyerap pada kulit bayi.