Ketahui Langkah Membuat Paving Block Manual

Seperti yang Kita ketahui saat ini banyak bangunan yang menggunakan Paving Block untuk meratakan area tanah yang kosong dengan semaksimal mungkin. Penggunaan paving memang lebih banyak dipilih karena memiliki kemudahan dalam pengaplikasian, mudah didapat serta memiliki kemampuan daya serap air yang bagus. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan pemilik bangunan.

Usaha pembuatan paving ini juga terbilang menjanjikan. Karena permintaan paving yang terus meningkat setiap waktunya membuat pengusaha paving yang ada pastinya kewalahan. Namun tahukah Anda bahwa saat ini pembuatan paving tidak hanya terbatas pada cara manual saja namun juga dengan cara semi manual dan otomatis. Meski begitu pembuatan paving dengan cara manual masih lebih dipilih pengusaha karena lebih hemat biaya produksi sekaligus hasil yang lebih berkualitas.

Beberapa Langkah Untuk Pembuatan Paving Block Secara Manual

Jika Anda tertarik untuk mengetahui bagaimana cara untuk membuat paving block dengan cara manual maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Karena artikel Kami berikut ini akan membahas tentang bagaimana cara untuk membuat paving secara manual. Simak artikelnya hingga tuntas agar supaya Anda mendapatkan informasi secara lengkap.

Yang pertama adalah siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat paving sekaligus beserta bahan utamanya. Alat yang dibutuhkan dalam pembuatan paving secara manual adalah cetakan paving serta alat pemukul. Sedangkan bahan utama paving yaitu pasir kualitas bagus, semen portland, air dan abu batu. Ini adalah peralatan dan bahan utama yang standar dipakai dalam pembuatan paving secara manual.

Kemudian selanjutnya buat adukan pertama yang terdiri dari perbandingan semen dan pasir dengan kondisi yang tak terlalu basah. Kemudian setelah itu buat adukan kedua dengan semen dan pasir yang dicampur dengan air sedikit yang berfungsi sebagai pelapis luar paving milik Anda.

Setelah adukan dicetak, pukul dengan kuat menggunakan pemukul yang telah disiapkan. Setelah didapatkan kepadatan paving sesuai yang diinginkan barulah Anda bisa mengeluarkannya dari cetakan untuk kemudian menjemurnya di bawah terik matahari. Paving block yang berkualitas memiliki ciri tak berubah bentuk meski Anda menjemurnya dengan posisi miring atau berdiri.