Kenapa Karpet Kantor Berwarna Gelap?

Hal pertama yang akan dipikirkan orang-orang ketika kata “kantor” disebut adalah ruangan, karyawan, setelan berdasi dan berkas-berkas. Pernahkah anda berpikir tentang adanya karpet kantor? Bahkan mungkin sebagian besar orang tidak memikirkan benda ini. Padahal karpet adalah benda yang hampir selalu ada dalam sebuah kantor.

Eksistensi Karpet Kantor

Kantor umumnya menggunakan karpet sebagai alas lantai dengan berbagai alasan seperti menghindari lantai yang licin, yang bisa menyebabkan karyawan terjatuh disela-sela kerjanya dan juga mengurangi lantai yang becek. Namun karpet ini tidak digunakan diseluruh ruangan, biasanya hanya diruangan tertentu yang terdapat karpet seperti ruang HRD, manajer, dan sejenisnya. Untuk pantry dan lobby kantor tidak terdapat karpet sebagai alas lantai.

Warna karpet kantor pada umumnya berwarna gelap mulai dari hijau tua, biru tua, merah marun, dan hitam. Hal ini dikarenakan mencegah karpet terlihat kusam jika menggunakan warna yang cerah sekaligus memudahkan pembersihannya. Kotoran dan debu akan sangat terlihat jika karpet berwarna cerah. Ruangan yang ber-AC seringnya menggunakan karpet sebagai alas lantai.

Hal ini untuk mengurangi hawa dingin pada kaki sehingga suhu dan temperature di ruangan tidak terlalu dingin tetapi sejuk menyenangkan. Hal inilah yang mendasari banyak kantor menggunakan  karpet sebagai alas lantai di beberapa ruangan. Bahkan terdapat ruangan khusus yang menggunakan karpet tidak hanya pada lantai, tetapi menyeluruh ke setiap sudut ruangan guna meredam suara. Ruangan ini disebut ruang kedap suara untuk menjaga privasi.

Akan tetapi, pemakaian karpet kantor memiliki beberapa kekurangan pula disamping kelebihannya. Yang pertama adalah lantai di bawahnya harus terus dicek kebersihannya, debu yang tidak dibersihkan akan terus berada di bawah karpet bahkan terus bertambah jika tidak dibersihkan secara teratur. Yang kedua ialah alas kaki yang dipakai apabila masuk ruangan yang berkarpet harus benar-benar bersih supaya tidak ada kotoran yang menempel pada karpet, dan untuk menghilangkan noda pada karpet tidak mudah terlebih kotoran yang menempel telah bersarang dalam waktu yang lama.