Jenis Dan Klasifikasi Paving Block

Paving block diketahui memiliki banyak jenis yang beragam. Material bangunan yang karakteristiknya hampir seperti mortar ini biasa digunakan untuk menutupi tanah agar permukaannya menjadi lebih rata dan stabil. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja jenis paving maka simaklah ulasan berikut ini.

Jenis dan Klasifikasi Berdasar Kekuatan dan Kegunaannya

Jenis paving yang dijual bebas di pasaran memang cukup banyak. Berikut ini akan dijelaskan tentang jenis berdasarkan penerapan dan kekuatannya yang memacu pada SNI 03-0691-1996.

  • Mutu A

Paving dengan mutu A dibuat dengan tujuan sebagai pengerasan jalan. Paving jenis ini memiliki kuat tekan rata-rata sebesar 400 Kg/cm2 dan ketahanan aus rata-rata 0,009 mm/menit serta kemampuan penyerapan air maksimal sebesar 3%.

  • Mutu B

Paving dengan mutu B dibuat dengan tujuan untuk menutup tanah di area parkir mobil. Paving jenis ini memiliki kuat tekan rata-rata sebesar 200 Kg/cm2 dan ketahanan aus rata-rata 0,130 mm/menit serta kemampuan penyerapan air maksimal sebesar 6%.

  • Mutu C

Paving block dengan mutu C dibuat dengan tujuan area jalan kaki. Paving jenis ini memiliki kuat tekan rata-rata sebesar 150 Kg/cm2 dan ketahanan aus rata-rata 0,160 mm/menit serta kemampuan penyerapan air maksimal sebesar 8%.

  • Mutu D

Paving dengan mutu D dibuat untuk digunakan pada lokasi yang tidak memiliki beban terlalu tinggi di atasnya, misalnya seperti untuk area taman kota. Paving jenis ini memiliki kuat tekan rata-rata sebesar 400 Kg/cm2 dan ketahanan aus rata-rata 0,009 mm/menit serta kemampuan penyerapan air maksimal sebesar 3%.

Untuk paving mutu C dan D umumnya diproduksi manual dan digunakan sebagai fungsi non struktural seperti untuk taman kota atau penggunaan lain yang tidak ditujukan untuk menahan beban di atasnya.

Sedangkan bila diproduksi dengan menggunakan mesin press maka akan menghasilkan paving dengan A-C yang memiliki kekuatan tekan hingga 125 150 Kg/cm2 sesuai dengan perbandingan campuran bahan.

Demikianlah jenis serta klasifikasi beberapa paving block yang bisa Anda jumpai di berbagai toko bangunan. Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh jika menggunakan paving, maka dari itu jangan enggan untuk memasangnya di halaman rumah Anda.