Hukum, Waktu, dan Tata Cara Sholat Tahajud

Qiyamullail atau diartikan sebagai sholat malam, merupakan sholat yang dilakukan di saat sepertiga malam. Waktu sepertiga malam inilah merupakan waktu yang sangat tepat untuk memanjatkan doa kepada Yang Maha Kuasa. Meskipun pada dasarnya doa bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa waktu dimana doa itu mudah diijabah oleh Allah, salah satunya adalah di sepertiga malam. Karena pada dasarnya tidak semua orang mampu bangun di waktu ini untuk melakukan sholat tahajud sehingga Allah memberikan nilai lebih di waktu ini.

Hal-Hal Mengenai Sholat Tahajud

Hal-hal mengenai sholat sunnah tahajud harus diketahui dengan baik sehingga bisa lebih sempurna dalam menjalankan salat sunnah tersebut. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu di ketahui terkait sholat sunnah malam.

– Hukum Sholat

Dalam Quran surat Al-isra ayat 79 dijelaskan bahwa kita diperintahkan untuk sholat tahajud di sepertiga malam. Pada awalnya salat malam ini hukumnya adalah wajib bagi setiap kaum muslimin. Akan tetapi hal ini menjadi sunnah muakkad setelah diturunkannya mengenai perintah sholat fardhu 5 waktu. Perlu diketahui bahwa salat sepertiga malam ini dihukumi wajib khusus untuk Rasulullah sehingga beliau tak pernah meninggalkan salat malam tersebut.

– Waktu Sholat

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa waktu yang paling dianjurkan untuk melakukan salat ini adalah di sepertiga malam. Alangkah baiknya apabila salat ini dikerjakan di sepertiga malam setelah tidur. Namun sahabat Rasulullah sering melakukannya tanpa tidur karena dikhawatirkan setelah tidur tidak bisa bangun kembali sehingga tidak bisa melaksanakan salat malam tersebut.

– Tata Cara

Sebenarnya tata cara salat sunnah ini sama halnya dengan salat yang lainnya dimana memiliki syarat dan rukun yang sama. Salat sunnah ini diawali dengan Takbiratul Ihram dan diakhiri dengan salam dengan jumlah rokaat adalah genap, yakni mulai dari 2. Jam biasanya salat sunah ini ditutup dengan salat sunah Witir yang memiliki rakaat ganjil.

Itulah beberapa hal terkait dengan sholat tahajud yang perlu diketahui. Sebaiknya shalat sunnah ini dijalankan secara Istiqomah sehingga mampu mendapatkan keutamaan keutamaan dari sholat sunnah tersebut. Untuk itu maka bisa mulai sejak awal sehingga mampu melakukannya sepanjang hayat.