Cara Alami Untuk Mengatasi Gusi Bengkak

Bagi beberapa orang yang sensitif dengan gusinya, akan sangat menderita ketika hal-hal sepele terjadi yang menyebabkan gusi membengkak tiba-tiba. Misalnya saja ketika sedang menggosok gigi, tanpa sadar benturan sikat gigi yang terlalu keras menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada gusi yang akhirnya membengkak tanpa bisa dicegah.

Ini Lho Cara Mengurangi Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

Nah, kalau kondisi seperti ini terjadi pada Anda, jangan khawatir, ada kok beberapa bahan alami di dapur yang bisa di manfaatkan untuk meredakan rasa nyeri dan mengurangi bengkak pada gusi.

  • Air Garam.

Berkumurlah dengan larutan air garam hangat. Ini juga bisa meredakan radang tenggorokan apabila mulai terasa tidak enak di sekitar leher dan tenggorokan. Pusatkan berkumur pada gusi yang bengkak. Lakukan secara rutin sampai hilang rasa nyeri di gusi.

  • Minyak Cengkeh.

Campur minyak cengkeh dengan lada hitam bubuk, kemudian oleskan pada gusi yang bengkak. Bahan alami ini juga sangat membantu mengurangi rasa sakit sekaligus peradangan yang terjadi pada gusi.

  • Jeruk Nipis.

Rebus jeruk nipis dengan satu gelas air. Begitu mulai mendidih angkat dan dinginkan. Berkumurlah dengan air rebusan ini sebanyak dua kali dalam sehari. Bisa juga ditambahkan sari bunga mawar untuk mempercepat efeknya.

  • Soda Kue.

Soda kue bisa di dapat di toko-toko bahan kue yang biasa juga disebut dengan baking soda. Caranya adalah dengan mencampur soda kue dengan perasan kunyit kemudian oleskan pada gusi yang bengkak. Lakukan secara rutin setiap hari, ini akan mengurangi pembengkakan gusi.

  • Gel Lidah Buaya.

Banyak sekali yang telah merasakan manfaatkan gel lidah buaya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. Gel lidah buaya mengandung ekstrak anti-aging yang sangat tinggi untuk melawan kerusakan pada jaringan sel. Kita tinggal ambil gel yang ada pada lidah buaya dan langsung mengoleskan pada gusi kering.

Pada dasarnya sangat mudah menjaga agar gusi selalu sehat dan terhindar dari sakit gigi yang mengganggu, yaitu penuhi kebutuhan tubuh dengan vitamin C. Dengan tercukupinya asupan vitamin C, maka akan terhindar dari segala penyakit mulut.