3 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card

Setiap orang pasti membutuhkan memori eksternal untuk menyimpan berbagai file penting. Akan tetapi terkadang memori eksternal ini mendapati suatu masalah sehingga tidak bisa digunakan lagi. Ada trik dan cara memperbaiki memory card yang rusak dengan mudah. Dengan mengikuti beberapa cara yang ada, maka kartu memori eksternal bisa digunakan kembali seperti sedia kala. Perlu diketahui bahwasanya masalah ini memang sering terjadi, tetapi ini bukanlah merupakan masalah yang besar.

Cara Simpel Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak

Beberapa cara ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa membutuhkan bantuan orang lain yang ahli dalam hal teknologi. Berikut ini adalah cara yang bisa dicoba.

  • Membersihkan Memory Card

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan melepas memori eksternal dari ponsel. Biasanya masalah yang sering terjadi adalah memori tersebut tidak bisa dibaca. Namun sebelum melepaskan karu memori tersebut, matikanlah ponsel terlebih dahulu, sehingga tidak cepat rusak. Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan lempengan tembaga yang memiliki warna kuning emas menggunakan penghapus kecil yang berwarna putih. Anda gosoklah pelan-pelan sampai bersih. Apabila sudah bersih, maka pasang kembali kartu memori tersebut pada slot memori, kemudian periksalah sudah bisa terdeteksi atau belum.

  • Format dari ponsel

Cara memperbaiki memory card yang satu ini sangatlah mudah, karena tidak perlu melepas kartu memori dari slot yang ada. Anda hanya perlu masuk pada menu pengaturan, kemudian menuju Storage. Pada menu tersebut maka akan ada pilihan yakni Erase SD Card. Anda bisa klik pilihan tersebut, kemudian bisa memiliki memory card seperti semula saat baru.

  • Cek error pada komputer

Sambungkanlah ponsel dengan komputer menggunakan kabel data. Pastikan juga bahwa ponsel sudah terhubung pada MSC, bukan MTP. Selanjutnya bukalah Windows Explorer, kemudian klik kanan Drive, pilihlah Properties, Tools, dan Error Checking. Tunggulah beberapa saat sampai proses tersebut berakhir. Setelah itu Anda bisa eject kartu memori tersebut, kemudian bisa dilakukan pengecekan kartu.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kartu memori yang rusak. Cobalah cara tersebut satu per satu. Apabila satu cara belum berhasil, maka bisa menggunakan cara yang lainnya. Dengan demikian bisa menjadi alternatif solusi yang sangat tepat. Anda bisa cek di Dewailmu.id untuk mendapatkan tips lainnya.